Jumat, 06 Juli 2007

Nasi Ulam
Maaf agak sentimentil, lagi falling in love kali yeee...
NASI ULAM
Dear all
Beberapa waktu yang lalu guwe beli nasi ulam (khas betawi lho..) di warung ibu Rogaye, langganan keluarga kite.
Tiap pagi habis shalat subuh memang biasanya guwe beli nasi ulam yang dibungkus buat guwe, babeh atau mamie sekalian.
Nasi ulam yang dia sajikan sebetulnya sama dengan nasi ulam yang dijual orang lain. nasi kukus, diaduk dengan minyak sayur, serta bumbu yang terdiri dari ketumbar, sereh, lada, jintan yang ditumbuk dan disangrai.
di atas campuran tadi di beri topping parutan kelapa sangrai, daun kemangi,mentimun,kacang hijau rendaman (kadangkala sudah menjadi kecambah tauge). serta sambal gandaria yang rasa dan baunya wuuuaaaahhh... cobain sendiri aje deh. (btw, kok guwe tahu ya... hehehe).
ya, guwe memang tahu banyak, soalnya ritual beli nasi ulam itu sudah dikerjain sejak bangku SD. dan sampai sekarang, sudah bangkotan,hampir kepala tiga masih dilakukan. habis hoby sih, enak juga kok.
guwe sendiri gak ngerti apa yang membuat ibu itu betah dagang nasi ulam selama itu.(skalanya kecil sekali, guwe yakin bener, kayaknya gak bisa deh, beli Avanza dari hasil jual nasi ulam itu).
Seperti biasa, di setiap pagi itu buta terjadi percakapan, sambil nunggu tuh ibu selesai ngebungkus. Cuma kali ini terjadi dialog yang cukup simple, tapi lumayan membekas sampai sekarang.
RG : Rogaye, penjual
GW : mpok, bensin naik, kok harga masih seribu aja sebungkusnya nih.
RG : iya, emang mau berape lagi?
GW : yaa.. ikutan yang lain mpok, naik juga. kemangi aja mahal.
RG : emang modalnya agak naik sih, tapi alhamdulillah masih ade untungnye
jal, biar dikit juga. habis kalo dinaikin harganye, pade gak mampu
beli. kite kan nolongin juga, kasian anak-anak yang mau sekolah,
kalau emaknye pade gak sempet bikin sarapan. biarin deh untungnye
kecil,yang penting pade bisa sarapan tuh anak-anak.
GW : bener juga mpok. (sambil, terhenyak, coba dengerin lagi, BIARIN DEH
UNTUNGNYE KECIL, YANG PENTING BISA SARAPAN TUH ANAK-ANAK)
wow, subhanallah. jadi itu yang membuat dia betah jualan nasi ulam sampai belasan tahun, mungkin udah puluhan tahun, ... itung sendiri deh... kan udah pinter, katanya insinyur. hehehe..meski gak bisa dia kembangkan usahanya jadi besar, tapi itulah kunci motivasinya selama ini, biar anak-anak bisa pada sarapan sebelum sekolah. kalau emaknye pada gak sempet bikin sarapan, dia yang menyediakan sarapan bergizinya.
back to the topic guys...
terlepas dari metode dagang,strategi marketing,manajemen ritel dll yang njelimet. Yang pasti kelihatan, Ibu itu udah berkontribusi banyak dengan kapasitas yang dimilikinya. meski sedang susah, dia tetap memikirkan bagaimana berbuat baik untuk orang sekitarnya. yaa... kontribusi, kontribusi..
kalau kata Pak Ustadz, orang yang bertakwa itu salah satu cirinya ialah orang yang menafkahkan hartanya di kala lapang maupun sempit (kalau di Al Qur'annya 3: 133-134). guwe gak tahu tuh ibu faham apa nggak sama ayatnya, tapi kelihatannya, mungkin naluri keibuan jugalah yang membawanya pada motivasi itu.
so, the big question is: "ARE WE CONTRIBUTING ENOUGH???"
wacana bo'...
cup..cup..cup..

1 komentar:

Hadi Blogger mengatakan...

Lo enak falling in love. tahun 2006 gue ada kecelekaan fisik dan bathin. lo kalau milih cewek lihat-lihat dong jal siapa cowok sebelumnya. lo main serobot aja...